Posted by : ImandaWahyu Rabu, 21 Oktober 2015

A.    PENYUSUNAN SKALA
1.      Teori Kepercayaan Diri
Definisi 3 tokoh :
a.       Anthony (1992) Kepercayaan diri merupakan sikap pada diri seseorang yang dapat menerima kenyataan, dapat mengembangkan kesadaran diri, berfikir positif , memiliki kemandirian, dan mempunyai kemampuan untuk memiliki serta mencapai segala sesuatu yang diinginkannya.
b.      Bandura (1997)  Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa dirinyamampu berperilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan.
c.       Santrock (2003;336) kepercayaan diri adalah dimensi evaluasi yang menyeluruh yang membawa kekuatan dalam mengatur langkah ke depan.
Ciri-ciri kepercayaan diri
a.       Memiliki harapan yang positif
Mengetahui bahwa dirinya memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menghadapi suatu rintangan dan tidak bisa dipengaruhi oranglain
b.      Tidak mudah putus asa
Mampu menyikapi kegagalan dan mencobanya lagi sampai berhasil dg dorongan potensi/kemampuan yg ia miliki
c.       Memiliki sikap mandiri
Tidak tergantung pada orang lain dan bersikap positif pada diri sendiri
d.      Mampu berkomunikasi dengan baik
Yaitu orang dapat melakukan percakapan interpersonal maupun antarpersonal serta mampu menyampaikan informasi secara tepat sasaran.
e.       Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri
Yaitu mampu memiliki harapan dan metakini dapat mewujudkannya

2.      Definisi Operasional
Suatu Perasaan atau sikap positif yang ada pada diri sendiri yang tidak akan bisa terpengaruh oleh orang lain karena apa yang diyakini sudah benar dan matang dengan dorongan potensi atau kemampuan yang ia miliki.
3.      Blue Print Tryout

Ciri-ciri / Indikator
Favourable
Unfavourable
Jumlah
Memiliki harapan yang positif
1,11,21
6,16,26
6
Tidak mudah putus asa
7,17,27
2,12,22
6
Memiliki sikap mandiri
3,13,23
8,18,28
6
Mampu berkomunikasi dengan baik
9,19,29
4,14,24
6
Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri
5,15,25
10,20,30
6
JUMLAH ITEM
30

4.      Rancangan Item
a.       Memiliki harapan yang positif
1)      Favourable
-          Mampu Mengerjakan ujian tanpa mencontek
-          Siap dan yakin ketika diberikan tanggung jawab yang besar
-          Apa yang saya kerjakan akan selalu membuahkan hasil yang baik
2)      Unfavourable
-          Kurang yakin dalam mewujudkan impian
-          Ragu-ragu dengan jawaban sendiri
-          Selalu merasa cemas dengan hasil yang telah dikerjakan
b.      Tidak mudah putus asa
1)      Favourable
-          Berusaha memperbaiki nilai jika nilai saya kurang baik
-          Berusaha mengerjakan tugas yang sulit untuk dikerjakan
-          Mempelajari kembali ketika belum mengerti materi yang didapatkan
2)      Unfavourable
-          Menerima hasil ujian yang saya terima
-          Belajar ketika ada ujian saja
-          Mudah bosan saat mendapatkan pelajaran yang sulit
c.       Memiliki sikap mandiri
1)      Favourable
-          Hasil Kerja sendiri lebih membanggakan meski tampak biasa
-          Keberhasilan di sekolah merupakan hasil kerja keras sendiri
-          Saya tahu apa yang terbaik bagi saya tanpa berharap petunjuk dari orang lain
2)      Unfavourable
-          Meminta bantuan teman ketika tugas sulit dikerjakan
-          Ketika mengalami masalah selalu melibatkan oranglain untuk menyelesaikannya
-          Kekurangan yang saya miliki sering menyusahkan oranglain
d.      Mampu berkomunikasi dengan baik
1)      Favourable
-          Mudah mendapatkan teman baru karena baik dalam berkomunikasi
-          Selalu siap dan percaya diri ketika harus berbicara didepan
-          Dapat cepat beradaptasi dilingkungan baru
2)      Unfavourable
-          Keluar keringat dingin ketika berbicara didepan umum
-          Sulit untuk mencari teman karena kurang baik dalam komunikasi
-          Sulit menyesuaikan dalam lingkungan baru
e.       Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri
1)      Favourable
-          Saya yakin pasti bisa mencapai prestasi dibidang yang ditekuni
-          Mampu mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti
-          Saya yakin bisa mewujudkan cita-cita saya yang menurut orang terlalu tinggi
2)      Unfavourable
-          Sulit konsentrasi ketika besok ada ujian
-          Cepat putus asa ketika mengalami kegagalan
-          Bagi saya mengubah diri saya sangatlah sulit








































5.      Skala Tryout
NO :

 

BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014
 


SKALA PENELITIAN


            Sehubung dengan penelitian yang saya lakukan, saya minta kesediaan anda untuk mengisi skala penelitian serta mengisi identitas anda dilembar yang telah tersedia. Skala penelitian ini berisi sejumlah pernyataan yang saya harapkan diisi dengan sejujurnya sesuai dengan kondisi anda saat ini. Jangan terlalu lama memikirkan jawaban dari peryataan. Sesuai atas asas kerahasian yang saya pegang, semua informasi dan jawaban anda akan terjamin kerahasiaannya. Atas bantuan dan kerjasama, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                    Hormat saya,


                                                                                    Imanda Wahyu W                                                                                        NPM.13110120

       I.            IDENTITAS DIRI
Nama                           :
Kelas                           :
Jurusan                        :
Tanda Tangan             :

    II.            PETUNJUK MENGERJAKAN

            Di bawah ini terdapat beberapa pernyataan. Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling sesuai dengan anda. Semua pilihan sesuai dengan anda. Semua pilihan jawaban adalah benar. Usahakan semua pernyataan terjawab dengan cara memberikan tanda (V) pada salah satu dari 4 (empat) alternatif jawaban dibawah ini:
SS        : SANGAT SESUAI
S          : SESUAI
TS        : TIDAK SESUAI
STS      : SANGAT TIDAK SESUAI
`Contoh Pengerjaan
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Saya adalah orang yang cepat bosan

V



 Selamat mengerjakan dan Silakan baca dengan teliti.
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Mampu mengerjakan ujian tanpa mencontek teman.




2.
Menerima hasil ujian yang saya terima




3.
Hasil kerja sendiri lebih membanggakan meski tampak biasa.




4.
Keluar keringat dingin ketika berbicara didepan umum.




5.
Saya yakin pasti bisa mencapai prestasi di bidang yang ditekuni,




6.
Kurang yakin dalam mewujudkan impian.




7.
Berusaha memperbaiki nilai jika nilai saya kurang baik.




No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
8.
Meminta bantuan teman ketika tugas sulit dikerjakan.




9.
Mudah mendapatkan teman baru karena baik dalam berkomunikasi.




10.
Sulit konsentrasi ketika besok ada ujian.




11.
Siap dan yakin ketika diberikan tanggung jawab yang besar.




12.
Belajar ketika ada ujian saja.




13.
Keberhasilan disekolah merupakan hasil kerja keras sendiri.




14.
Sulit untuk mencari teman karena kurang baik dalm komunikasi.




15.
Mampu mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti




16.
Ragu-ragu dengan jawaban ujian sendiri.




17.
Berusaha mengerjakan tugas yang sulit untuk dikerjakan.




18.
Ketika mengalami masalah selalu melibatkan oranglain untuk menyelesaikannya.




19.
Selalu siap dan percaya diri ketika harus berbicara didepan umum.




20.
Cepat putus asa ketika mengalami kegagalan




21.
Apa yang saya kerjakan akan selalu membuahkan hasil yang baik.




22.
Mudah bosan saat mendapatkan pelajaran yang sulit.




23.
Saya tahu apa yang terbaik bagi saya tanpa berharap petunjuk dari orang lain.




24.
Sulit menyesuaikan dalam lingkungan baru.




25.
Saya yakin bisa mewujudkan cita-cita saya yang menurut orang terlalu tinggi.




26.
Selalu merasa cemas dengan hasil yang telah dikerjakan.




27.
Mempelajari kembali ketika belum mengerti materi yang didapatkan.




28.
Kekurangan yang saya miliki sering menyusahkan orang lain.




29.
Dapat cepat beradaptasi dilingkungan baru




30.
Bagi saya mengubah diri saya sangatlah sulit










B.   UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS

1.      Data Tryout
(Terlampir)
2.      Hasil Analisis SPSS
(Terlampir)
3.      Blue Print Penelitian

Ciri-ciri / Indikator
Favourable
Unfavourable
Jumlah
Memiliki harapan yang positif
1,11,21

1,11,20(21)
6,16,26

6,16,22(26)
6

6
Tidak mudah putus asa
7,17,27

7,17,23(27)
2,12,22

2(12),12(22)
6

5
Memiliki sikap mandiri
3,13,23

3,13
8,18,28

8(18)
6

4
Mampu berkomunikasi dengan baik
9,19,29

9,18(19),24(29)
4,14,24

4,14
6

5
Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri
5,15,25

5,15,21(25)
10,20,30

10,19(20),25(30)
6

6

JUMLAH ITEM
30

25









D.  DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Idrus. (2011) “ Hubungan Kepercayaan Diri Remaja Dengan Pola Asuh Orang Tua Etnis Jawa” (online) ((https://kajian.uii.ac.id/wp-content/uploads/2011/06/HUBUNGAN-KEPERCAYAAN-DIRI-REMAJA-DENGAN_DR-M-IDRUS-DKK.pdf) , diakses tanggal 1 Oktober 2014)).

Rini Sugiarti,dkk. (2011) Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan Menghadapi Menopause Pada Ibu Rumah Tangga” (online) 1;10-15. ((http://ejurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/JP3B/ article/view/276), diakses tanggal 1 Oktober 2014.

Siska, dkk (2003) Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa” (online) 2;67-68. ((http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/view/109/96), diakses tanggal 1 Oktober 2014)).

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Super Dynamic - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -